Selasa, 03 Mei 2011

Osama and Whitebeard

Ehem..

Actually i want to write this post in english as usual. but remembering my english is not too good and perfect, so for this post i will write it in Indonesian, to avoiding a missunderstanding. hehehe. here goes.

Ehem.

Kemarin santer diberitakan kalau Osama Bin laden, seorang pimpinan gerakan teroris Al - Qaeda telah meninggal dunia. dikabarkan di tembak saat terjadi penyerangan oleh pasukan NAVY SEAL -nya Amerika. Satu hal yang langsung terlintas di pikiran saya adalah Whitebeard atau Shirohige atau Janggut Putih.

Siapa itu Whitebeard? untuk yang ingin mengetahui lebih lengkap silahkan baca disini. Tapi buat yang males baca lama2, akan saya jelaskan singkat aja.




picture source

Whitebeard atau nama aslinya Edward Newgate adalah salah seorang tokoh karismatik dari manga One Piece. Whitebeard adalah seorang bajak laut yang bergelar yonkou (four emperor) yang berkuasa di dunia one piece. karena dia adalah seorang bajak laut, pasti banyak orang berpikir kalau dia adalah orang jahat. tapi apakah ia orang jahat? hanya Eichiro Oda sang pengarang One Piece lah orang yang tepat untuk menjawab. di salah satu Chapter diperlihatkan kalau Whitebeard sama sekali tidak tertarik akan harta atau kekuasaan, tetapi ia lebih menginginkan keluarga. Oleh karenanya kelompok bajak laut Whitebeard yang terdiri dari 14 divisi dan banyak anggota, kesemuanya memanggil whitebeard dengan sebutan Oyaji (atau ayah dalam bahasa Jepang), bukan kapten seperti kebiasaan pelaut pada umumnya.

Singkat cerita bagi sebagian orang, whitebeard dijuluki iblis melihat kekuatannya yang luar biasa dan banyaknya anak buah serta banyaknya aliansi bajak laut yang ia miliki. Dan mengingat angkatan laut di dunia One Piece tidak berhasil menumpasnya malah membuat namanya makin ditakuti di penjuru grand line (nama wilayah di dunia one piece). namun bagi sebagian lagi, whitebeard adalah penyelamat. ia menampung semua orang2 yang dianggap sebagai orang buangan untuk menjadi kru bajak lautnya dan menganggap mereka semua sebagai anaknya. selain itu seperti yang telah dikatakan tadi kalau whitebeard adalah salah seorang yonkou, yang memiliki kekuasaan terhadap wilayah grand line, ia membuat adanya stabilitas pada daerah2 "jajahannya". dengan memberi tahu kalau pulau A (misalnya) adalah wilayah bajak laut whitebeard, maka tidak akan ada bajak laut lain yang akan menyerang atau merusak bahkan mengganggu Pulau A tersebut. dan bagi orang2 yang tinggal di pulau tersebut tercipta suasana aman yang bahkan tidak bisa diberikan oleh angkatan laut sekalipun. dan mereka bebas untuk hidup dan mencari nafkah. Jadi apakah whitebeard itu orang jahat?

Nah hal yang membuat saya teringat akan whitebeard saat saya melihat kematian Osama Bin Laden adalah kematian whitebeard.

Kematian Whitebeard berawal dari sebuah kejadian yaitu tertangkapnya salah satu komandan divisi 2 bajak laut whitebeard yaitu Portgas D Ace. sudah umum kalau bajak laut yang tertangkap, akan dihukum mati. Angkatan laut yang ingin menunjukkan superioritas dan kekuasaanya mengadakan upacara hukuman mati untuk umum. namun hal ini sebenarnya untuk menjebak bajak laut Whitebeard. seperti yang telah dijelaskan, bajak laut whitebeard terkenal dengan kekompakan dan kekeluargaannya. Dan akhirnya hal itu pun terjadi. pertempuran antara angkatan laut dan bajak laut whitebeard pecah dengan korban jiwa dimana - mana. dan akibat faktor usia (72 tahun saat ia meninggal) serta penyakit yang telah lama dideritanya, serta sebuah kecurangan yang dilakukan oleh mantan anak buahnya yang berkhianat yaitu Blackbeard atau Kurohige, Whitebeard pun tewas. kalau saya boleh kasi komentar, whitebeard tewas dengan elegan.

Kematian whitebeard disambut gembira bagi sebagian orang. mereka merayakan dengan penuh sukacita di mana2. persis seperti saat kematian Osama Bin Laden di publikasikan. orang2 merayakannya di NY Times Square dan Ground Zero. semua orang gembira karena musuh dunia telah tewas dan berharap terjadi kedamaian di dunia One Piece

Yang jadi masalah adalah setelah kematian whitebeard. stabilitas yang telah dijaganya puluhan tahun di grandline hilang sudah. kekacauan terjadi tanpa bisa ditanggulangi. bajak laut2 yang dulu takut akan whitebeard sekarang mulai muncul dan berusaha menguasai pulau2 yang dulu menjadi wilayah whitebeard. dan karena whitebeard sudah tewas, tidak ada lagi yang mampu melindungi pulau2 tersebut. bahkan angkatan laut juga angkat tangan atas kejadian ini.

hal ini lah yang saya takutkan akan terjadi setelah Osama Bin Laden meninggal. akankah tercipta kestabilan di dunia? atau malah terjadi kekacauan seperti yang terjadi saat Whitebeard meninggal. Sikap Presiden Amerika Barrack Obama saat melakukan konfrensi pers pada jam 1 pagi, menurut saya sama persis seperti sikap angkatan laut saat mempublikasikan kematian whitebeard. sikap Amerika menunjukkan superioritas mereka. saya tidak tahu apakah sikap Obama ini ingin menunjukkan superioritas atau bukan. Karena menurut Ichsanuddin Noorsy kemarin malam, bahwa pencapaian pemerintahan Obama di bidang ekonomi tidak dianggap memuaskan. meskipun Amerika berhasil menurunkan tingkat pengangguran dari 10 % menjadi 9 %. tetapi keuangan mereka juga dikabarkan defisit dan banyak kekecewaan lain terhadap pemerintahan Obama. Dengan berita tewasnya Osama Bin laden, membuat sebuah pencapaian besar bagi Amerika terutama pemerintahan Obama karena telah berhasil menewaskan musuh no 1 mereka. Dan dengan ini pemerintahan Obama bisa memperoleh sedikit nilai plus di mata rakyatnya dan dunia. Kematian Osama Bin Laden dianggap sebagai alat pemersatu bangsa Amerika di seluruh dunia dan alat untuk memperoleh kepercayaan rakyat yang mulai berkurang.

Ehem..

Ini hanya pendapat saya semata. kalian boleh setuju atau tidak.

Jadi apa yang akan terjadi selanjutnya? hanya waktu yang bisa menjawab. Tetapi saya berharap kejadian di dunia One Piece tidak terjadi di dunia kita dan semuanya berakhir dengan kedamaian. amiinn.

Berita terbaru menyebutkan kalau foto2 kematian Osama Bin Laden adalah palsu dan pembuangan mayat ke laut belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. Jadi apakah Osama Bin Laden memang telah tewas? kita tidak tahu.

Jika memang ia telah meninggal, sebagai umat muslim, sebaiknya kita mengucapkan Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un.

========================================================

Nguping(in)Medan Jilid II

Kan pake Lunsight

Ibu saya : Wah setelah dicuci jadi keliatan Cinklong ya..

didengar oleh saya yang berfikir kalau pikiran ibu saya sudah terbalik-balik

Cita rasa Indonesia di Itali

Sepupu 1 : Bang.. bang apa sih kepanjangan dari S.S Lazio?
Sepupu 2 : yah. gitu aja ga tau. ya Sekolah Sepakbola Lazio lah.

didengar oleh saya yang berfikir kalau sepupu2 saya ini sangat nasionalis

Bukannya itu tahu ya?

Saya (umur 10 tahun) : Kak.. kak apa sih kepanjangan G30S PKI
Mbak Pembantu : Hmm.. kalau ga salah Genjrotan 30 september deh

Didengar oleh saya yang entah kenapa jadi laper dan orang tua saya yang berfikir kalau bertanya ke pembantu itu ternyata belum tentu baik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

keren coy bisa juga kayak gitu, mirip ma cerita one piece heheheh

Luthfi mengatakan...

@anonim:
iya. itu karena si jenius Eichiro Oda. :)