Jumat, 17 Agustus 2012

17 - 08 - 2012





Hari ini Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke 67

Jika kita ibaratkan Indonesia adalah manusia, bisa dibayangkan kalau Indonesia adalah seseorang yang berusia tua atau sangat matang (kalau ga mau dibilang tua :P).

Jika kita ibaratkan lagi Indonesia adalah manusia bangsa Indonesia, maka yang ada dibayangan saya adalah sosok seseorang yang berusia lanjut, dengan uban di rambut yang hampir menipis, dengan perut yang maju. Sosok ini memiliki pandangan dan pendengaran yang tidak terlalu prima dan sedang duduk di kursi yang nyaman. Sosok itu mungkin sedang menggerutu atau bersenda gurau dengan anak cucu. Meskipun kursi itu tampak nyaman, tetapi tetap saja sosok tersebut tidak merasa tenang karena sedang bergelut dengan beberapa penyakit akibat dari kurang memperhatikan makanan di saat muda atau kurang berolahraga. Sosok itu terkadang memiliki pengetahuan yang cukup dalam, tapi tak jarang pula pikirannya terbang entah kemana hingga lawan bicara kebingungan jika hendak menyapa. Sosok ini muncul jika di zaman modern ini ia hidup berkecukupan. Bagaimana jika ia hidup tidak berkecukupan? Yang muncul mungkin adalah sosok orang tua yang kurus dengan kulit menghitam yang hidup sendiri tanpa keluarga yang tiap hari harus dibantu oleh orang lain. Miris. Meskipun saya yakin tidak semua orang tua di Indonesia seperti itu, hehehe. Ini cuma kiasan saja.


Jika kita bandingkan dengan sosok orang – orang tua di luar negeri (sosok sebenarnya, bukan kiasan kaya Indonesia tadi ya), terutama negara maju misalnya Swiss, Amerika, Inggris, Korea atau Jepang, adalah orang – orang yang mandiri (tentu saja hal ini juga ditunjang dengan fasilitas yang diberikan oleh negaranya) dan kuat. Saya pernah melihat turis Jepang yang sedang melakukan travelling ke beberapa negara di Asia Tenggara hanya berdua saja. Suami istri dengan usia yang cukup lanjut. Atau waktu saya melihat di variety show korea terkadang kita bisa melihat ibu/bapak tua yang sedang naik subway sendiri tanpa takut atau dibantu. Bagi saya sosok seperti itu sangat mengagumkan. Di jazirah arab, para syeikh atau tuan guru (bukan syeikh pengusaha minyak ya) adalah sosok yang sangat dikagumi dan semakin tua ia akan semakin berilmu dan bijaksana dan paling sering diminta pendapatnya.

Semoga orang – orang tua Indonesia juga seperti itu. Amiiin

Di usia Indonesia ke 67 tahun ini, marilah kita berdoa untuk Indonesia agar Indonesia tidak hanya menjadi bangsa yang merdeka, tetapi juga menjadi bangsa yang mandiri. Tidak perlu bergantung dengan negara lain karena semakin tua ia semakin kuat. Semakin tua semakin berisi dan bijaksana. Meskipun sudah beranak cucu, tetap tidak pikun dan pelupa dan bisa bercerita dengan lancar tentang sejarah dan kejayaannya kepada cucu dan cicitnya untuk diteruskan oleh mereka nantinya.

Amiin ya Rabb

Pasti banyak dari kita yang merasa kecewa dengan Indonesia di usianya yang ke 67 ini, tapi jika semua orang Indonesia meng-aminkan harapan ini, InsyAlloh akan didengar Alloh SWT dan bisa terkabul

Sekali lagi Amiin ya Rabb

Selamat hari kemerdekaan yang ke 67

3 komentar:

Rida Zulfa mengatakan...

halo kaka... bisa bikinin tampilan blognya yg oke gak? maaf nih sebelumya aku komen gak nyambung hehe

Luthfi mengatakan...

halo Rida. makasih udh mampir.
maksudnya aku yang bikin atau rida yang mau bikin blog sendiri?
Aku sendiri ga bisa bikin template blog sih cuma ngikut template yang ada di blogspot.
Kalau rida mau bikin blog coba lihat aja pilihan templatenya. banyak yang bagus kok.
maaf ya kalo jawabanku kurang memuaskan :)

cepi xtm btkl mengatakan...

makasih banyak sob buat informasinya yah ,,saya suka banget deh pkonya ,,,