Selasa, 27 Mei 2008

Who the hell is 'Shanao'??



Kadang - kadang ada orang yang nanya ke saya, sapa sih shanao?? Karena saya menggunakan shanao sebagai nickname saya. Orang - orang mungkin berpikir kalo shanao tu diambil dari nama band indonesia. Bukan, anda salah besar.

Ceritanya begini, waktu SMU kalo di ajak teman - teman buat chating, saya agak susah untuk nentukan nicname saya. Kalo mo buat 'Luthfi' aja kayaknya kok ga enak ya. Jadinya nick saya pun berubah - ubah setiap waktu. Mulai dari cowo_baik2, cowo_keren_kesepian, Cowogaulbangetgitulooch, cowoimut2, dan blablabla lainnya. Ga ada yang tetap. Sampai akhirnya saya memakai nama 'Moonchild'. Gara - gara ngeliat filmnya abang kembarku Hyde (kalo mo buat Luthfi Takarai kan ketauan banget). Lagi - lagi ada perasaan ga enak karena kayaknya nama itu ada di bawah bayang - bayang nama besar abang kembarku itu.

Lalu waktu pun berlalu...
Meninggalkan aku...
Yang masih tergugu....
Memikirkan nama nickname yang lucu....
Alah.

Jadi waktu pun membimbingku untuk bertemu dengan sesuatu (ato seseorang??) yang namanya Shanao. Yaitu saat aku membaca komik keluaran M&C, yang judulnya Shanao Yoshitsune. Mengapa aku ngambil nama Shanao??

Shanao Yoshitsune adalah sebuah komik yang menceritakan tentang Minamoto no Yoshitsune. Seperti yang udah pernah aku bilang aku suka dengan yang berbau - bau Jepang. Begitu juga tokoh sejarahnya. Ada banyak tokoh - tokoh Jepang yang keren dan (kalo mau) dapat dijadikan idola (alah). Nah, si Yoshitsune ini adalah salah satu dari banyak tokoh - tokoh tersebut. Berikut sekilas tentang Minamoto no Yoshitsune.

Minamoto no Yoshitsune aka Kuro no Yoshitsune aka Shanao aka Ushiwakamaru adalah putra ke sembilan dari pemimpin klan Genji yang bernama Minamoto no Yoshitomo yang berperang dengan klan Heike yang dipimpin oleh Taira no Kiyomori. Namun pada perang tersebut Genji kalah dan Yoshitomo terbunuh. Ushiwaka (nama kecilnya adalah ushiwakamaru) yang masih bayi pun kehilangan ayahnya. Untuk melindungi anak - anaknya, ibu ushiwaka (Gozen Tokiwa) pun menjadi selir dari Kiyomori. Kedua kakak kandung ushiwaka, oleh Kiyomori dijadikan biksu agar tidak dapat membalas dendam ayahnya. Sedangkan Ushiwaka tetap bersama ibunya sampai usianya 11 tahun. Saat mencapai usia 11 tahun, Kiyomori yang khawatir kalau - kalau ushiwaka menjadi seorang jendral perang seperti ayahnya, memasukkannya ke kuil Kurama. Kuil Budha terpandang saat itu.

Dan mulailah petualangan ushiwaka di Kurama terpisah dari orang yang dicintainya (ibunya). Di Kurama Ushiwaka tidak menjadi biksu untuk memelihara darah samurainya (begitu pemahaman orang Jepang, kalo udah jadi biksu udah ga memikirkan hal - hal keduniawian seperti balas dendam). Di Kurama ushiwaka tidak hanya belajar agama, tapi juga belajar strategi perang dan kemampuan bertarung dan berpedang yang diajarkan oleh tengu (tokoh mistis Jepang yang memiliki hidung panjang kaya usopp. Hehehe). Namun sebenarnya tengu itu merupakan sisa - sisa anak buah ayahnya ushiwaka yang tidak ingin ushiwaka melupakan darah samurainya. Karena kebaikan hatinya, dan sesuai aturan kuil, Ushiwaka mendapatkan nama baru yaitu Shanao (eng ing eng).

Shanao adalah nama yang diberikan Tokobo - sama, pendeta pemimpin kuil Kurama. Shanao merupakan salah satu julukan sang Budha yang memiliki arti "orang yang berkilau cahaya" dan "sinar yang menerangi dunia". Atau dapat diartikan sebagai sinar matahari yang memberikan kehidupan. Sinar yang menerangi dan memberikan keberanian. Gileeeee. Ampuun. Berat tapi keren banget kan tuh nama. Ya kan? Ya donk? Benerkan? Bener donk? Huahahahaha.

Di umur 16 tahun, Shanao meninggalkan kuil untuk serius dalam menggulingkan Heike. Dan dia pun bertemu dengan pelayan setianya yang untuk seterusnya akan menjadi bayangan Shanao dan rela mati untuknya yaitu Musashibo Benkei. Ushiwaka lalu mengadakan genpuku atau upacara kedewasaan dan mengganti namanya menjadi Minamoto no Yoshitsune. Penggunaan nama Genji seakan menjadi penegasan hatinya untuk menggulingkan Heike. Dia hijrah ke Osu ke tempat dimana Heike tidak dapat menjamahnya.

gambar yoshitsune dan benkei yang dilukis oleh pelukis jepang


Di umur 22, Yoshitsune lalu bergabung bersama abang - abang tirinya yaitu Minamoto no Yoritomo dan Minamoto no Noriyori. Bersatunya keluarga akhirnya dapat menggulingkan Heike dan menjadi penguasa Jepang.

Namun akhir yang tragis dialami oleh Yoshitsune. Perselisihan dengan abangnya Yoritomo menjadikannya buronan di negaranya sendiri. Akhirnya di sebuah kuil di Osu, Yoshitsune memiilih untuk tidak melawan abangnya dan melakukan bunuh diri (seppuku). Ahh sungguh sayang.

Gimana ceritanya?? keren kan?? kalo mo tau cerita yang lebih lengkap klik di sini.

Oya, cerita tentang Yoshitsume ini telah diceritakan dalam berbagai bentuk drama. Dan yang paling baru adalah JDorama yang judulnya Yoshitsune yang peran Yoshitsunenya dimainkan oleh Hideaki Takizawa.


nih si Hideaki "Yoshitsune" Takizawa(hahaha, mukanya jadul kali ya)

Yup udah dulu yaah. Daaag

10 komentar:

Anonim mengatakan...

trim's ya fi udah pinjam in aku
DVD nya shanoa.

film ini cukup bagus tapi dari sisi akting kurang tidak seperti film mandarin versi zaman klasik yang lebih hidup

tokoh shanoa memang menjadi legenda yang terkenal di jepang.menurut ku shanoa memang seorang jendarl yang ulung dan gagah berani , tapi ia gagal sebagai seorang pemimpin ,hai ini di buktikan dengan kekalahannya dengan abangnya.

Luthfi mengatakan...

Yup. Sama - sama Ris.

Hmm...
Mungkin pendapat ko ada benarnya. Sebenernya sungguh di sayangkan perselisihan mereka. Kalau saja mereka bekerja sama mungkin keluarga Genji bisa menguasai Jepang.

Tapi yah kalo ga kayak gitu ga legenda namanya ya. Hehehe

muhfiasbin mengatakan...

Ngomong-ngomong tentang Shanao...

Kok jadi kangen sama Novel TAIKO pemberian seseorang itu y? :D

Luthfi mengatakan...

@moehfi:
Minta la genk..

Trus aku pinjam. Hehehe

Anonim mengatakan...

hwaa..pantesan namanya shanao.awalnya sempet heran napa pake2 nama tokoh ksukaanku..hwehehe..
dulu pernah baca sejarahnya yoshitsune,tp rada ga jelas.yg tringat prasaan saat baca sejarah itu, rada sebel ma abg shanao en kasian si shanao di uber2 :P sejarah asli ttg yoshitsune dgn komik shanao asik wat dibaca..
krn baca blognya upi, jd tringat...lom baca lanjutannyaaa !! huhuuu
oya..drmn nya sih kembaran ma hyde??narsis ih..haha

Luthfi mengatakan...

@qhieya:
Oh suka juga ya?? Emang si shanao tu keren sih jadi banyak yang suka. Hehehe.

Oya, Shanao Yoshitsune no 22 dah keluar lo di gramed. Dan itu adalah komik Shanao Yoshitsune yang terakhir. HAAHH??

Ga ngeliat kemiripan kami berdua? *berpose*. Huahaha

Anonim mengatakan...

*shocking!*
masa yg teakir seh?uweee...dah ga ngikutin sih..
upi dah baca taiko?bahas dunk,trs jd bahan skripsi ku hahaha *aji mumpung*

Luthfi mengatakan...

@qhieya:
Boleh deh. Ntar aku baca. Pengen sih tapi ga punya. Hahaha. Ntar pinjem ma mupi.

Anonim mengatakan...

hai,,
wah udah lama banget gak baca komik nya Shanao Yoshitsune. Terakhir baca mungkin 1,5 th yg lalu, itupun gara2 no selanjutnya belum keluar.
Hemm,,kecewa juga kalo akhirnya tragis hiks,,,

But anw, udah lega gak penasaran lagi.
Matur nuwun sanget,, :p

Unknown mengatakan...

Saking ngefansnya istriku sampai memberi nama shanaou mekaella putri pada anak kami..ternyata arti shanaou itu keren bgt.mksh ats infonya..